Friday, June 23, 2006

Bush

Hari-hari belakangan ini kita mendapatkan tontonan realitas di luar kebiasaan: siaran langsung perang Irak, sadisme manusia satu terhadap manusia lainnya, pembantaian ribuan orang hanya karena ambisi sempit. Tontonan itu diimbangi dengan tontonan lain yang tak kalah menarik: jutaan orang, ratusan juta bahkan, di berbagai negara menolak perang yang dilakukan Bush dan pasukannya. Bahkan penduduk Amerika sendiri.

Barangkali, di saat-saat seperti inilah kita layak merindukan kejayaan Uni Sovyet di masa lalu, sebagai kekuatan pengimbang. Runtuhnya Uni Sovyet memunculkan dunia yang timpang: adi daya tunggal. Karena merasa besar sendirian, Amerika di tangan Bush tak ubahnya seperti raksasa di tengah kurcaci-kurcaci pesuruh. Kekuatan hegemonik ini mengancam bangunan kebudayaan dan peradaban yang dibangun bersama oleh semua negara, bahkan oleh Amerika sendiri.

Perang sudah terjadi, Bush sudah nyata-nyata menutup mata dan telinganya dari himbauan, ajakan, hujatan, bahkan kutukan jutaan manusia lain yang menolak perang. Adakah yang bisa kita lakukan? Jelas ada. Turun ke jalan menolak perang, berteriak mengutuk mengalirnya darah manusia, empati terhadap rakyat yang menjadi korban perang ini. Atau sekedar berdoa dan menyatakan ketidaksetujuan dalam hati, meskipun itu adalah bentuk keimanan yang paling lemah.


Editorial al-Tasamuh, Maret 2003, saat berkecamuk perang Irak

1 Comments:

At 6:21 PM, Anonymous Anonymous said...

Photo diri yang bangus Nik...he...he...

Kalau Uni Soviet dikatakan sebagai solusi pengimbang USA, yah sama saja. Ibarat dari mulut harimau masuk ke mulut buaya. Its another type of dictatorship!

Solusi terbaik, menurut saya, mungkin adalah membangun dan menyebarkan gagasan kebebasan (freedom) kepada seluruh masyarakat yang ada. Adanya kebebasan tersebut mau tidak mau akan menjadi refleksi perlunya responsibility, tidak menghantam kebebasan orang lain.

 

Post a Comment

<< Home